Workshop “Management Event” Kepada Para Pelaku Seni Kampoeng Dolanan Nusantara Magelang

Jumat, 15 September 2023. Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) melakukan kunjungan ke Kampoeng Dolanan Nusantara yang ada di Kabupaten Magelang. Kedatangan MAC UI bertujuan untuk melakukan pendampingan terhadap para komunitas adat dan pelaku seni yang ada di lingkungan Kota Magelang. 

Pada hari pertama agenda yang dilakukan MAC UI adalah memberikan pengetahuan terhadap para pelaku seni di sana terkait pentingnya “Management Event”. Tujuan dari adanya workshop ini adalah memberikan  edukasi kepada para pelaku seni lokal agar mampu mengelola dengan baik dan memperkenalkan kesenian daerah ke kancah yang lebih luas.

Dr. Ngatawi Al-Zastrouw selaku kepala UPT MAC UI, memberikan sambutan pembuka pada acara kali ini, beliau menyampaikan terkait pentingnya melestarikan kebudayaan yang ada di Nusantara di tengah masifnya berbagai kebudayaan yang hadir dari luar. Sebagaimana budaya yang kita miliki adalah identitas bangsa kita.

“Budaya dan kesenian adalah akar dari bangsa dan masyarakat. Sebagaimana sebuah pohon, jika akarnya tercerabut, tentu pohon itu akan tumbang saat luapan air datang. Hal ini sama dengan bangsa kita,” ujarnya.

Selain hal tersebut, Al-Zastrouw juga mengungkapkan perlunya pendampingan terhadap para pelaku seni dan budaya daerah, karena hal semacam ini  masih menjadi sesuatu yang langka ungkapnya. Selain itu, beliau juga mengungkapkan bahwa pengetahuan terkait management event yang baik dapat menjadi media edukasi yang positif dan bernilai komersil.

Dalam pemberian materi terkait pengelolaan pertunjukan, MAC UI menggandeng Yusuf Rahardjo dan Reno Sarah, kedua narasumber tersebut merupakan pelaku sekaligus pekerja seni yang sudah banyak berkiprah di kancah pertunjukan skala nasional.

Yusuf Rahardjo, sebagai salah satu pembicara pada workshop “Management Event” menyampaikan terkait pentingnya branding, baik dari segi penamaan maupun publikasi. Ia mengimbau agar masyarakat pelaku seni yang ada di Kampoeng Dolanan memanfaatkan adanya sosial media sebagai kanal publikasi untuk menarik atensi masyarakat luas.

Reno Sarah, sebagai narasumber juga memberikan materi terkait hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan suatu event.

Hari pertama pendampingan MAC UI di Kampoeng Dolanan Nusantara Borobudur ditutup dengan pagelaran seni budaya yang diselenggarakan pada malam hari.

Related Posts