Sarasehan Budaya “Genetika Budaya Nusantara untuk Memperkuat Spirit Kebangsaan”

Sabtu, 16 September 2023. Pada hari ke-2 agenda pendampingan komunitas adat yang diadakan Makara Art Center Universitas Indonesia (MAC UI) di Kampoeng Dolanan Nusantara Borobudur, MAC UI mengadakan sarasehan budaya yang bertajuk “Genetika Budaya Nusantara untuk Memperkuat Spirit Kebangsaan”.

Sebagai unit pelaksana tugas bidang seni dan budaya Universitas Indonesia, MAC UI menyadari akan pentingnya sharing wawasan kepada pelaku seni terkait bagaimana mengelolah sebuah kesenian agar dapat mejadi nilai komersil. Namun, ada hal yang tak kalah pentingnya yakni terkait dengan implementasi spirit nilai kebangsaan yang hadir dari seni dan budaya.

Dr. Ngatawi Al-Zastrouw selaku kepala UPT MAC UI, pada sambutan pembukaan menyampaikan salah satu tujuan hadirnya MAC ke Kampoeng Dolanan Nusantara adalah memberikan suntikan kultural kepada bangsa ini di tengah hadirnya berbagai budaya luar yang ada saat ini.

“Budaya merupakan vaksin yang manjur untuk dapat bertahan dari serangan budaya dan ideologi yang tidak sesuai. Sehingga kegiatan seperti ini harus terus di lakukan sebagai upaya ketahanan budaya kita,” ujarnya.

Sarasehan kali ini dihadiri oleh para tokoh masyarakat, pelaku seni, komunitas adat, dan para mahasiswa. Sedangkan untuk pemaparan materi  sarasehan disampaikan oleh Prof. Dr. Sugiyarto, MSi, Rektor Universitas Tidar Magelang dan Dr. Ari Prasetiyo, SS, MSi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Abbet Nugroho, selaku pengelola Kampoeng Dolanan Nusantara Borobudur sekaligus moderator pada acara sarasehan tersebut  menyampaikan terima kasih atas kehadiran MAC UI dan mengungkapkan bahwa program pendampingan kepada masyarakat adat penting untuk dilakukan pada masa sekarang.

“Program pendampingan seperti ini sangat ditunggu oleh komunitas komunitas adat yang bergerak mempertahankan dan berupaya untuk tetap hidup di tengah arus perkembangan zaman seperti sekarang. Kami Kampoeng Dolanan Nusantara Borobudur, menerima program ini dengan penuh sukacita, dan berharap agar program pendampingan ini bisa kontinyu setiap tahunya,” ucapnya.

Related Posts