Festival Kabuyutan sebagai Sarana Pembudayaan Pancasila

1 Desember 2023. Makara Art Center Universitas Indonesia bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut dan Pemerintah Kabupaten Garut menyelenggarakan Festival kabuyutan di Kota Garut.

Festival berlangsung selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 1 hingga 3 Desember 2023. Seluruh kegiatan ditujukan sebagai wujud internalisasi sekaligus implementasi dari nilai-nilai Pancasila.

Dr. Ngatawi Al-Zastrouw sebagai perwakilan dari Makara Art Center Universitas Indonesia menyampaikan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang paripurna dan sesuai dengan budaya bangsa kita.

“Seluruh akar-akar nilai yang ada di bumi Nusantara sudah dikonstruksi dalam konteks kekinian menjadi Pancasila, seluruh aspek dan unsur terbaik sudah digali dan dirumuskan menjadi Pancasila”, ujarnya

Beliau juga menambahkan bahwa melalui diadakannya kegiatan semacam ini Pancasila akan terus hidup dan membudaya

“Peristiwa pagi ini bagian dari upaya kita terus mengalirkan mata air budaya, membuka sumbatan-sumbatan budaya barangkali tersumbat,” lanjutnya.

Sekretaris Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja sama BPIP, Toto Purbiyanto, juga menyampaikan bahwa pentingnya diadakan kegiatan semacam ini sebagai wujud implementasi nilai-nilai Pancasila. Beliau juga menyampaikan bahwa perlu adanya kerja sama dari semua pihak untuk mewujudkan

“Ini adalah acara yang harus dirawat bersa┬ádan perlu partisipasi dari semua pihak.”

Melalui kegiatan semacam ini dan kerja sama antar pihak maka diharapkan mampu menjadikan Pancasila sebagai nilai yang digunakan dalam setiap aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Related Posts